Komunikasi adalah hubungan satu dengan dua orang atau lebih
yang saling berinteraksi. Komunikasi dinyatakan bisa secara langsung dan tidak
secara langsung. Karena komunikasi merupakan kebutuhan yang paling mendasar
manusia lakukan setiap harinya.
Seseorang yang berkomunikasi pasti dapat merasakan timbal balik antara pemberi informasi serta penerima informasi sehingga terciptanya suatu hubungan yang mutualisme diantara kedua belah pihak.
Komunikasi dalam organisasi dikatakan sebagai proses penciptaan
dan penafsiran informasi diantara unit-unit komunikasi sebagai bagian dari
suatu organisasi secara keseluruhan. Serta dipandang sebagai proses mengumpulkan,
memproses, menyimpan, dan menyebarkan informasi yang memungkinkan system informasi
organsasi berfungsi secara efektif.
Fungsinya komunikasi dalam organisasi sangatlah besar. Komunikasi organisasi baik yang untuk mencari keuntungan maupun nirlaba juga memiliki 4 fungsi yaitu fungsi normative, regulative, persuasive dan integrative.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar