Senin, 07 April 2014

Ilmu Budaya Dasar : kebudayaan dan masalah makna hidup

KEBUDAYAAN DAN MASALAH MAKNA HIDUP

1    1.      PENDAHULUAN
Kebudayaan merupakan pengetahuan manusia yang diyakini akan kebenarannya oleh yang bersangkutan dan yang diselimuti serta menyelimuti perasaan-perasaan dan emosi-emosi manusia serta menjadi sumber bagi sistem penilaian sesuatu yang baik dan yang buruk, sesuatu yang berharga atau tidak, sesuatu yang bersih atau kotor, dan sebagainya. Hal ini bisa terjadi karena kebudayaan itu diselimuti oleh nilai-nilai moral, yang sumber dari nilai-nilai moral tersebut adalah pada pandangan hidup dan pada etos atau sistem etika yang dipunyai oleh setiap manusia. Jadi, apa arti dari kebudayaan dan masalah makna hidup? dan apakah bisa kebudayaan menyelesaikan masalah makna hidup? dalam tulisan yang saya buat kali ini, kita dapat belajar bagaimana menyelesaikan masalah makna hidup dengan cara kebudayaannya, dan juga masalah itu tidak hanya selesai jika tidak diselesaikan, malahan bisa memperburuk masalah itu sendiri.

2      2.      PEMBAHASAN
 kebudayaan adalah berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.banyak dari keluarga di Indonesia menyelesaikan masalah kehidupanya dengan kebudayaan. seperti kita mempunyai masalah dengan teman kita keluarga saudara, tetangga. Kiata bisa menyelesaikannya dengan cara kekeluargaan. kekeluargaan itu sendiri juga termasuk dari bagian kebudayaan. jadi kita bisa mendapatkan makna hidup yang lebih baik.Dan juga bisa dengan pendekatan kebudayaan, bisa berbentuk saling berkunjung antar umat beragama, bersilaturahim, menjaga hubungan personal antar tokoh-tokoh masyarakat. Itu semua terkadang lebih efektif dalam menyelesaikan masalah yang bermula dari kesalahpahaman.

3    3.      KESIMPULAN
Secara sederhana hubungan manusia dan kebudayaan adalah sebagai perilaku kebudayaan dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia. Dalam ilmu sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwi tunggal yang berarti walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan satu kesatuan. Manusia menciptakan kebudayaan setelah kebudayaan tercipta maka kebudayaan mengatur kehidupan manusia yang sesuai dengannya

4    4.      REFERENSI

Nama  : Aviantino Cleo Santana
Kelas   : 1KA08
NPM   : 11113519

Tidak ada komentar:

Posting Komentar