Senin, 07 April 2014

Ilmu Budaya Dasar : Menumbuhkan budaya lokal dalam perguruan tinggi

MENUMBUHKAN BUDAYA LOKAL DALAM PERGURUAN TINGGI

1. PENDAHULUAN
Seperti yang kita semua ketahui bahwa budaya adalah salah satu inti dari sebuah negara, bayangkan jika suatu negara tidak mempunyai budaya, bisa bisa negara itu sendiri akan mati. Seperti budaya lokal dalam perguruan tinggi, tapi sayangnya budaya dalam perguruan tinggi ini sedikit demi sedikit mulai memudar, karena rasa cinta kita terutama mahasiswa kurang mencitai budaya itu sendiri.
Jadi, sebenernya apa dari budaya itu sendiri? dan bagaimana kita semua terutama mahasiswa dan mahasiswi bisa lebih mencintai budaya lokal?
Dalam tulisan kali ini saya ingin bukan hanya mahasiswa tetapi semua lapisan masyarakat untuk mencintai budaya lokal dan juga budaya lokal pada perguruan tinggi

2. PEMBAHASAN
Budaya lokal merupakan budaya asli yang dimiliki oleh masyarakat tertentu,dan menjadi ciri khas dari budaya masyarakat lokal.budaya lokal diindonesia memanglah banyak ,bisa kita lihat Indonesia mempunyai berbagai suku lain dipenjuru dunia.
Kita sebagai mahasiswa cara untuk melestarikan budaya kita yg sudah ada sejak lama yaitu dengan kita sehari-hari menggunakan budaya jawa yang selalu murah senyum,sopan santun,sopan dalam berbicara,menghormati orang lain yang lebih tua dari kita,dan tata krama yang sangat teratur.
Masyarakat dan mahasiswa sekarang sering melupakan budaya kita Karena mereka mengikuti budaya saat ini yang sangat modern.karena bila mereka mengikuti budaya Indonesia itu merupakan budaya kuno,padahal budaya Indonesia merupakan budaya yang tidak semua Negara memilikinya.
3. PENUTUP
kebudayaan Indonesia sudah mulai pudar dengan seiringnya masyarakat ataupun mahasiswa sekarang sudah melupakan budaya mereka sendiri.mereka lebih memilih budaya asing yang masuk ke Indonesia.sebaiknya kita masyarakat atau mahasiswa penerus bangsa sebaiknya kita meningkatkan budaya kita ini dengan mengikuti kegiatan tentang budaya yang ada disekitar kita.Jangan dibiarkan masalah itu atau di bawa lari begitu saja, selesaikan dengan kepala dingin dan dengan cara kebudayan. pasti dari itu semua masalah akan terselesaikan dan akan mendapatkan makan hidup yang baik,




REFERENSI

Nama   : Aviantino Cleo Santana
Kelas   : 1KA08         
NPM   : 11113519

Tidak ada komentar:

Posting Komentar